TIPS DAN TRIK WAWANCARA KERJA

Maju tidaknya sebuah bangsa sangat ditentukan oleh kualitas Sumber Daya Manusianya. Semakin baik Sumber Daya Manusianya, maka semakin dapat bersaing dengan negara lain. Kementerian Pendidikan Nasional dalam Tempo (2015) memiliki strategi kebijakan sebagai berikut “Mewujudkan Insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif Tahun 2025”. Upaya peningkatan kualitas ini, selain dilakukan melalui sistem 
pembelajaran yang komprehensif, efektif dan transformatif, juga disertai dengan program pembinaan kemahasiswaan yang diarahkan memiliki pengetahuan (kognitif), sikap (afektif) dan keterampilan (psikomotorik) sehingga memberikan nilai tambah (added values) untuk meningkatkan daya saing bagi para lulusan. 
Dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi dituntut agar selalu mengedepankan kualitas lulusannya atau dengan kata lain lulusan yang memiliki kompetensi tinggi. Dalam hal ini kompetensi lulusan (sarjana) tentu tidak hanya pada bidang keilmuannya saja, namun ada kompetensi-kompetensi penunjang yang akan meningkatkan daya tawar (bargaining power) para lulusan (sarjana) pada saat memasuki pasar tenaga kerja. Kondisi seperti ini hendaknya menjadi perhatian pihak perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten (berkualitas) dalam arti yang luas sehingga mampu memenuhi permintaan pasar kerja, dimana penguasaan berbagai teknologi baru dan keterampilan termasuk soft skill semakin dikedepankan. 
Berikut adalah Tips and Trick untuk menghadapi Wawancara Kerja: 
1. Mencari tahu profil perusahaan yang akan dituju.
2. Berpenampilan menarik sesuai profil perusahaan.
3. Bersikap baik di lobi pada saat menunggu panggilan wawancara. 
4. Siap sedia untuk berjabat tangan dengan user.
5. Terlihat antusias dan kurangi rasa gugup. 
6. Menyiapkan kalimat perkenalan yang baik. 
7. Berhati-hati dengan bahasa tubuh. 
8. Memberikan alasan mengapa mereka harus merekrut Anda.
9. Realistis. 
10. Jangan terlalu ambisius.
11. Jangan menceritakan kelemaha yang tidak bisa ditolerir profesi Anda.
12. Ceritakan Anda adalah pribadi yang mau belajar.
13. Jangan pernah menghindari pertanyaan yang diberikan oleh user.
   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masih Relevankah Koperasi Saat Ini?

STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING KOPERASI

PERTUMBUHAN EKONOMI KOTA BEKASI